Pilih Qurban Sapi atau Qurban Kambing? Ini Alasannya

Pilih Qurban Sapi atau Qurban Kambing? Ini AlasannyaPilihan hewan qurban di Indonesia secara umum adalah sapi dan kambing. Harga sapi qurban akan lebih tinggi dari pada harga kambing qurban karena dari segi bobotnya sudah jauh berbeda. Harga yang dibanderol untuk sapi qurban mulai dari Rp11.900.000,00 dengan beratnya mulai dari 200 kg. Harga kambing qurban Rp1.700.000,00 dengan beratnya mulai dari 27 kg.

Pertimbangan dari Segi Harga

Hewan qurban dari segi harga yang paling mahal adalah unta, sapi, dan kambing. Di Indonesia jelas sapi lah yang harganya lebih mahal karena di sini unta sangat jarang atau bahkan tidak ada yang menggunakannya untuk qurban. Secara sendiri maka Anda tentu akan memilih berqurban dengan seekor kambing karena harganya lebih mudah untuk dicapai.

Lantas, jika qurban sapi dilakukan secara bersama-sama dengan berkelompok yang berisikan 7 orang. Beban harga sapi dan kambing pun akan menjadi lebih kurang sama. Selanjutnya tergantung dari ukuran bobot dari sapi atau kambing yang dipilih untuk qurban karena harga berdasarkan dengan bobot hewannya.

Pertimbangan dari Segi Kepastian dan Ketepatan

Qurban sapi dengan sistem berkelompok sebanyak 7 orang tentu akan membuat Anda harus mendaftarkan diri secepat mungkin. Tujuannya agar Anda bisa lebih cepat mendapatkan kelompoknya. Misalnya saja, Anda berencana ikut qurban di masjid dekat rumah.

Jika ternyata saat daftar satu kelompok pertama dengan jumlah 7 orang sudah terpenuhi maka Anda harus menunggu kelompok kedua. Qurban Anda bisa saja batal karena anggota kelompok yang mendaftar tidak cukup. Jika Anda qurban kambing, Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu menunggu, begitu uangnya sudah tersedia bisa langsung ikut serta.

Anda juga tidak perlu mendaftarkan diri jauh-jauh hari karena kambing cukup satu orang. Anda dapat memilih kambing yang sesuai dengan syarat sah untuk menjadi hewan qurban dengan membelinya sendiri. Anda bisa mencocokkan dengan dana yang dimiliki dengan mencari kambingnya sendiri atau memberikannya kepada pihak masjid untuk mencari.

Pertimbangan dari Segi Penyembelihan

Ketika Anda memilih kambing sebagai hewan qurban maka Anda dapat menumpahkan dari hewan qurban secara sendirian. Waktu qurban juga bisa dilakukan tepat waktu dengan lebih awal tanpa menunggu kelengkapan seluruh anggota kelompok.

Sebab ketika penyembelihan hewan qurban sapi maka akan menunggu seluruh anggota lengkap baru penyembelihan dimulai. Paling tidak menunggu konfirmasi dari peserta qurban akan datang atau tidak. Jika Anda menggunakan hewan qurban kambing maka itu jauh lebih baik 7 ekor kambing ketimbang 1 ekor sapi.

Tertera dalam Hadis Sahih Fiqh Sunnah, 2/375 Fatwa Lajnah Daimah no 1149 dan Syahrul Mumthi’ 7/458 yang dituliskan bahwa 7 ekor kambing memiliki manfaat lebih banyak daripada 1 ekor sapi. Hal ini karena proses penyembelihan yang dilakukan akan lebih banyak.

Pembagian Daging Qurban

Dalam pembagian daging qurban dengan 1/3 untuk orang fakir, lalu 1/3 dibagikan kepada tetangga atau pun teman dengan mendahulukan yang miskin. 1/3 bagian lagi untuk dimakan sendiri oleh orang yang melakukan qurban. Jika Anda berqurban kambing tentu pembagiannya akan lebih mudah dibandingkan dengan qurban sapi yang 1/3 bagian harus dibagi 7 orang.

Anda bisa mempertimbangkan kembali hewan qurban apa yang akan dipilih. Salah satunya dengan mengetahui harga sapi qurban dan juga harga kambing qurban di daerah Anda. Setiap daerah akan memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan persediaan dan juga jenis hewan qurban yang dipilih untuk pelaksanaan qurban.