Tugas dan Fungsi Menteri Keuangan Indonesia

      Comments Off on Tugas dan Fungsi Menteri Keuangan Indonesia

Tugas dan Fungsi Menteri Keuangan IndonesiaIndonesia merupakan negara yang mempunyai bentuk pemerintahan Republik dan juga menerapkan sistem pemerintahan presidensiil. dalam sistem pemerintahan, terdapat beberapa menteri yang mempunyai tugas, fungsi, dan tanggung jawab yang berbeda-beda. tentu saja semua itu disesuaikan dengan visi dari menteri tersebut. salah satu menteri yang mempunyai peran penting dalam pemerintahan Indonesia adalah Menteri Keuangan Indonesia atau yang lebih kita kenal dengan istilah Kemenkeu RI. Seperti yang kita tahu bahwa sejak tanggal 27 Juli 2016 yang lalu Kemenkeu RI dijabat oleh Sri Mulyani Inderawati. dimana Kemenkeu RI ini merupakan kementrian negara dalam lingkungan pemerintahan Indonesia yang mengurusi bidang keuangan atau kekayaan bangsa dan negara Republik Indonesia. Kemenkeu RI berada di bawah tanggung jawab presiden. dalam menjalankan tugasnya, Kemenkeu RI tentu mempunyai visi atau motto yaitu ‘Penjaga Keuangan Negara’.

Tugas dari Menteri Keuangan Indonesia

Kemenkeu RI ini dalam melaksanakan tugas, dibantu oleh Wakil Menteri yang sudah ditetapkan sesuai dengan penunjukan dari Presiden. wakil menteri keuangan adalah seseorang yang telah terpilih dan ditunjuk oleh presiden untuk membantu manteri keuangan dalam menjalankan tugas, fungsi, dan tanggung jawabnya kepada negara dan masyarakat. yang selanjutnya wakil menteri keuangan RI berada di bawah Menteri keuangan dan bertanggung jawab kepada menteri keuangan. wakil menteri keuangan juga mempunyai tugas untuk membantu menteri keuangan dalam mengelola, memimpin, menyelenggarakan berbagai urusan yang berhubungan dengan kementerian keuangan. menteri keuangan dan wakil menteri keuangan tentu saja harus mampu bekerja sama untuk mewujudkan visi yang telah dibuat. serta dalam bekerja sama dengan menteri lainya juga untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Sejarah Indonesia menyatakan bahwa pengelolaan keuangan pemerintahan sudah ada sejak dahulu. karena setiap pemerintahan mempunyai program pembangunan yang harus diselesaikan, terutama mengenai ekonomi. dalam pengelolaan keuangan tersebut berasal dari masyarakat itu sendiri, yang berupa pembayaran pajak, bea cukai, upeti dan sebagainya. sehingga dengan pengelolaan keuangan yang baik maka masyarakat juga dapat merasakan pembangunan yang baik dan lancar. serta semua fasilitas umum dapat terpenuhi yang dapat menunjang dan mendorong masyarakat untuk lebih giat membayar pajak. dalam sebuah pemerintahan, keuangan merupakan investasi paling besar bagi sebuah negara. dimana dengan adanya Kemenkeu RI ini mempunyai fungsi bagi pemerintahan yaitu membuat penetapan, perumusan, serta pelaksanaan kebijakan dalam bidang anggaran, kepabeanan, pajak, serta bea cukai, dan juga kekayaan negara, perimbangan keuangan, serta pengelolaan risiko dan pembiayaan. fungsi Kemenkeu RI ini dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. membuat penetapan dan perumusan serta pemberian rekomendasi kebijakan fiskal keuangan.
  2. mengkoordinasi pelaksanaan tugas dan pembinaan
  3. pemberian dukungan administrasi di lingkungan kementerian
  4. mengelola kekayaan negara
  5. mengawasi pelaksanaan tugas dalam lingkungan kementerian keuangan yang ada di daerah
  6. melaksanakan bimbingan teknis dalam pelaksanaan kementerian yang ada di daerah
  7. melaksanaan pendidikan, sertifikasi, serta pelatihan dalam bidang keuangan negara

Menteri Keuangan Indonesia atau Kemenkeu RI mempunyai tugas untuk menyusun anggaran pendapatan dan belanja negara atau APBN serta mengurangi dampak inflasi bagi perekenomian Indonesia. Kemenkeu RI sama halnya dengan seorang bendara negara. dimana APBN ini disusun untuk dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan semua kegiatan yang berhubugan dengan masalah keuangan dalam setiap tahun. sehingga setiap pemerintah melakukan transaksi yang melibatkan kauangan negara, maka itulah tugas dari Kemenkeu RI untuk membuat sebuah APBN. dalam sebuah APBN ini harus memperhatikan anggaran pendapatan dan belanja negara sebelumnya, karena untuk membandingkan bagaimana kurva kenaikan atau penurunan yang terjadi dalam setiap tahunya. serta APBN ini harus sesuai dengan kebutuhan pemerintahan dan kemampuan negara dalam mengumpulkan pendapatan negara. dalam hal ini, pendapatan negara diperoleh dari pajak masyarakat, dan juga hibah. dengan membuat APBN ini bertujuan untuk mewujudkan tujuan negara yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 pada alenia ke 4.

Fungsi Menteri Keuangan

Selain bertugas dalam menyusun APBN, Kemenkeu RI juga mempunyai tugas untuk menyusun kebijakan fiskal. karena dalam menjalani berbagai rintangan dan gangguan dari berbagai masalah, maka sering kali msalah keuangan negara mengalami gejolak dan menghamtam kelangsungan negara. sehingga pemerintah harus menyusun sebuah kebijakan  untuk mengatasi masalah tersebut. dan itulah tugas dari Kemenkeu RI. Kemenkeu RI biasanya membuat berbagai langkah dalam membuat perubahan pendapatan nasional dan juga pembelanjaan negara yang biasa kita dengan kenal dengan istilah kebijakan fiskal. kebijakan fiskal ini dapat mengatasi masalah berupa defisit APBD, masalah inflasi, masalah penurunan nilai mata uang dan masalah lainya. kebijakan fiskal juga dapat digunakan untuk mengarahkan kondisi ekonomi negara apabila sedang mengalami msalah hingga menjadi baik dan meningkatkan kesempatan kerja.

Kemenkeu RI mempunyai tugas untuk mengendalikan stabilitas keuangan negara. karena pengendalian stabilitas ini mempunyai pengaruh yang besar dalam perekomonian negara, khususnya Indonesia ini. karena stabilitas keuangan sendiri berpengaruh langsung terhadap stabilitas makro perekonomian Indonesia. Kemenkeu RI bekerja sama dengan beberapa lembaga keuangan lain yang mempunyai pengaruh dalam menjaga stabilitas keuangan dengan melalui forum FKSSK. dalam menjaga stabilitas keuangan negara ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :

  • dengan melihat institusi yang stabil, biasanya ditandai tidak ada bank yang bangkrut atau kredibilitasnya sudah diketahui oleh masyarakat.
  • melihat kondisi pasar negara yang stabil, tidak ada permintaan dan penawaran yang kelebihan sehingga ada kesesuaian antara keduanya.

Kemenkeu RI juga mempunyai tugas untuk melakukan pelatihan dan juga sertifikasi dalam bidang keuangan. karena masalah yang besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah masalah ekonomi, sehingga Kemenkeu RI sendiri harus mampu menyeleksi dan melatih para generasi bangsa untuk jiwa yang jujur dan amanah, terutama yang menyangkut masalah keuangan.

                Kemenkeu RI mempunyai logo sendiri yang masing-masing tanda mempunyai arti dan makna. makna dari logo atau lambang Kemenkeu RI ini adalah sebuah ungkapan atau pernyataan daya yang bersatu dan serasi dalam gerak kerja. hal ini menggambarkan bahwa Kemenkeu RI ini mempunyai visi dan motto yang bulat untuk melaksanakan tugas menjadi Kementrian Keuangan Republik Indonesia. dengan adanya lambang tersebut dapat menjadi sebuah acuan untuk melihat dan mengukur perkembangan kinerja dari menteri keuangan serta wakil menteri keuangan tersebut. yang pada dasarnya semua menteri di Indonesia ini mempunyai satu tujuan yaitu mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945.

                Inilah pembahasan mengenai fungsi dan tugas Kemenkeu RI. sebagai masayarakat yang baik sudah seharusnya kita patuh terhadap pajak, dan sebagainya karena dari pajak yang kita bayarkan tersebut pembangunan dapat terlaksakan serta semua fasilitas umum dapat terpenuhi seperti jalan, jembatan, jalan tol, bandara, dan sebagainya. namun, jika kita sendiri tidak patuh terhadap pajak, maka dari mana negara akan maju? jika masayarakatnya sendiri tidak mendukung program pemerintah yang sudah ditetapkan.