Dianogsis dan cara mengobati skoliosis

      No Comments on Dianogsis dan cara mengobati skoliosis

Dianogsis dan cara mengobati skoliosis

Skoliosis adalah kelainan pada tulang belakang yang umumnya di temui kalangan anak-anak di usia pupertas menjelang remaja remaja  sekitar 10 -15 tahun. Dalam mendiagnosis gangguan kelainan ini, menyaranka pada penanganan yang dilakukan dokter bisa melakukan tes untuk melihat  tulang punggng dalam keadaan yang bagaimana agar ditangani secara serius guna memberikan penanganan lebih awal. Namun, sebelumnya penderita memang di wajibkan mengikuti pemeriksaan secara fisik, antara lain:

  1. Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan pada bagian punggung untuk bisa memberi keterangan pada pengumpulan data dilihat ketika ada dalam keadaan berdiri. Dari keadaan berdiri dokter dapat menganalisa apakah ada lengkungan pada tulang belakang, serta apakah ada bahu serta pinggang juga berada dalam posisinya atau berbeda. Pada tahap selanjutnya penanganan pada dokter mungkin akan memeriksa ketika sedang membungkukkan badan, sehingga dokter bisa mengecek jika adanya lengkungan di punggung bagian atas dan bawah guna memberikan penanganan lebih baik.

  1. Tes pemindaian

Tes pemindaian atau pengambilan gambar juga akan membantu pemeriksa melihat kondisi tulang belakang bagian punggung agar nampak jelas. Berikut adalah jenis-jenis tesll pemindaian yang dianjurkan:

  • X-ray

Apabila penderita mengunakan tes ini akan adanya paparan sedikit sinar radiasi yang dapat menghasilkan gambar pada tulang belakang agar nampak kekurangnya.

  • MRI scan

Pada tes ini, menggunakan gelombang radio dan magnet untuk menghasilkan gambar detail pada tulang belakang juga jaringan  yang berada di sekelilingnya.

  • CT scan

Selama tes ini berlangsung, gambar tulang belakang penderita diambil dari berbagai sudut menggunakan X-ray. Dan dengan CT scan, gambar yang dihasilkan bisa menyerupai foto 3 dimensi.

  • Scan tulang

Kemudian pada tes ini bisa menggunakan cairan radioaktif yang disuntikkan ke dalam tubuh penderita. Adanya cairan ini kemudian akan dideteksi dengan alat tertentu untuk melihat peningkatan jalannya darah bisa menunjukkan kelainan pada tulang belakang.

Pada pengobatan Skoliosis semua tergantung pada faktor yang menjadi penyebabnya. Adapula jenis pengobatan dalam besarnya tingkat keparahan pada lengkungan tulang belakang penderita, faktor penyebabnya, antara lain:

Faktor usia

Penderita masih dalam masa pertumbuhan atau tidak. Biasanya dalam beberapa kasus di lihat dari tingkat usia menjelang remaja di usia 10-15 tahun. Jumlah dan jenis lengkungan bisa dilihat dari tingkat keparahan. Jenis Skoliosis dari tulang melengkung saat masa pertumbuhan tidak mengakibatkan nyeri. Jika lengkungan pada tubuh sudah merasakan rasa nyeri harus segera dilakukannya terapi.

Adanya prosedur yang diberikan pada ahli medis guna dapat memberikan  penyembuhan pada lengkungan, pada penanganan awal pemeriksaan yang telah dilakukan akan diberikan obat antinyeri apabila penderita mengalami rasa kesakitan pada punggung. Namun pada pemeriksaan jika adanya lengkungan pada pemeriksaan yang dilakukan dokter akan memberikam pilihan penanganan dengan alat bantu berupa pemasangan bracing dan juga operasi.

  1. Pemasangan bracing

 Apabila tubuh penderita masih dalam masa pertumbuhan, dan jika lengkungan tulang belakang melebihi 25 hingga 40 derajat. Brace tidak akan membantu meluruskan tulang belakang seperti semula. Namun, alat penyangga dapat membantu masa pencegahan lengkungan bertambah parah jika kondisi ini bisa terdeteksi lebih awal akan semakin efektif pula metode yang digunakan

Penderita mengenakan brace setidaknya 16-23 jam per hari, hingga lengkungan tidak bertambah. Saran dari dokter agar anak mengenakan brace hingga tubuh anak tidak dalam pertumbuhan lagi  Pada 70% anak dengan kelainan lada tulang punggung tidak disarankan untuk mengambil tindakan operasi apabila sudah dilakukanya metode brace

  1. Operasi

Dalam tahap pembedahan digunakan, spinal fusion adalah prosedur operasi untuk mengatasi keadaan tulang belakang melengkung. Dalam prosedur ini, dokter bedah akan menyatukan tulang belakang penderita dengan cara cangkok tulang yang cocok.

Referensi:

alodokter.com

hellosehat.com

halodoc.com

Referensi gambar:

harnas.co