Hal Penting Tentang Buta Warna yang Harus Diketahui

      Comments Off on Hal Penting Tentang Buta Warna yang Harus Diketahui

Hal Penting Tentang Buta Warna yang Harus DiketahuiButa warna merupakan salah satu gangguan pada organ penglihatan. Penderita buta warna tidak bisa mengidentifikasi warna dengan baik. Mereka tidak akan mampu membedakan antara warna yang satu dengan yang lain. Satu-satunya yang bisa diidentifikasi adalah intensitas warnanya. Sampai saat ini, masih belum ada obat untuk mengobati gangguan penglihatan ini.

Penyebab Buta Warna

Salah satu penyebab dari buta warna adalah faktor genetik atau keturunan. Apabila seseorang memiliki orang tua yang menderita buta warna, akan ada kemungkinan seseorang itu juga akan menderita gangguan ini.

Selain faktor keturunan, ada beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan buta warna. Faktor-faktor tersebut antara lain adanya saraf optik yang rusak, adanya kerusakan bagian otak yang berfungsi mengidentifikasi warna, katarak, penuaan, dan terkena zat kimia.

Bagaimana Cara Mengatasi Buta Warna

Jika dilihat secara medis, memang belum ada obat untuk menyembuhkan buta warna. Akan tetapi, ada beberapa cara untuk mengatasinya agar penderita tetap bisa mengidentifikasi warna layaknya penglihatan normal. Berikut adalah beberapa cara tersebut.

  1. Lensa kontak berwarna

Menggunakan lensa kontak berwarna dapat membantu penderita buta warna untuk mengidentifikasi warna lebih dari sebelumnya. Alat ini bekerja dengan meningkatkan persepsi kontras. Hal ini membuat penggunanya dapat membedakan warna dengan baik.

  1. Alternatif identifikasi warna

Ada satu cara yang bisa digunakan oleh penderita buta warna untuk membantu mengidentifikasi warna. Cara tersebut adalah mengidentifikasi intensitas gelap terang. Sebagai contoh, ketika penderita tidak dapat mengenali warna lampu lalu lintas, mereka dapat mempelajari intensitas gelap terang warna merah, kuning, dan hijau agar tetap bisa memahaminya.

  1. Kacamata Anti-Ultraviolet

Penderita buta warna juga dapat menggunakan kacamata anti-ultraviolet. Alat ini dikhususkan untuk penderita buta warna yang tergolong akut. Penderita buta warna akut akan lebih mudah membedakan warna dalam kondisi cahaya agak redup.

Jenis Buta Warna

  1. Buta Warna Parsial

Buta warna parsial adalah keadaan ketika penderitanya masih bisa mengidentifikasi warna-warna tertentu. Beberapa golongan buta warna parsial adalah tritanomali (biru terlihat hijau dan pink terlihat kuning), tritanopia (biru terlihat hijau dan kuning terlihat abu-abu terang), deuteranomali (sulit membedakan biru dan ungu), dan protanomali (merah dan kuning terlihat hijau).

  1. Buta Warna Total

Buta warna total adalah keadaan ketika penderita sudah tidak bisa mengenali warna apapun. Yang dilihat oleh penderita buta warna total hanyalah hitam dan putih dengan berbagai intensitas. Ada dua jenis buta warna total, yakni cone monokromasi (objek terlihat satu warna saja) dan akromatopsia (hanya melihat warna hitam putih).

Itulah beberapa informasi mengenai buta warna yang wajib Anda ketahui. Dengan pengetahuan ini diharapkan Anda dapat lebih mengenali gangguan tersebut dan dapat membantu orang yang Anda kenal yang terkena gangguan ini agar bisa tetap menjalani hidup dengan baik.