Lebih Baik Menyewa atau Membeli Perlengkapan Bayi Sendiri?

      Comments Off on Lebih Baik Menyewa atau Membeli Perlengkapan Bayi Sendiri?

Lebih Baik Menyewa atau Membeli Perlengkapan Bayi Sendiri?

Idealnya, ketika menyambut bayi yang akan lahir, Anda harus mempersiapkan berbagai perlengkapan bayi yang banyak dan lebih baik baru. Namun, bagaimana kalau dana yang Anda miliki sangat terbatas? Sedangkan untuk membeli perlengkapan tersebut, biayanya tak sedikit? Tenang, Anda bisa sewa saja. Tapi, sebenarnya, lebih baik sewa atau beli sendiri?

Keuntungan Menyewa Perlengkapan untuk Bayi

Tentunya, ada keuntungan yang akan Anda dapatkan bila memilih menyewa perlengkapan untuk bayi ketimbang membelinya. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan itu adalah harga yang murah. Saat mempersiapkan kelahiran bayi, biaya yang dibutuhkan tak sedikit untuk perlengkapannya. Itu hanya untuk perlengkapan. Belum termasuk biaya persalinan.

Oleh sebab itu, bagi orang tua yang memiliki dana terbatas, menyewa adalah pilihan yang tepat. Selain itu, orang tua juga bisa memilih barang mana yang akan disewa. Untuk barang yang masa penggunaannya panjang, mereka bisa beli sendiri. Namun, kalau hanya digunakan sebentar, menyewa bisa jadi pilihan.

Selain itu, keuntungan lainnya adalah ketika barang tersebut nantinya tak lagi dipergunakan, Anda tak perlu repot memikirkan di mana harus menyimpannya. Sebab, belum tentu setiap rumah memiliki gudang dengan ukuran yang besar, kan? Apalagi bila rumah yang ditinggali adalah rumah yang mengontrak. Bayangkan saja di mana Anda akan menyimpannya?

Keuntungan Membeli Perlengkapan Kebutuhan Bayi Sendiri

Meski menyewa terlihat lebih mudah, namun nyatanya membeli perlengkapan bayi sendiri masih jadi primadona masyarakat Indonesia. Salah satu hal yang dipertimbangkan adalah masalah kesehatannya. Benda yang disewa tentunya dipakai berkali-kali oleh orang yang berbeda. Hal ini dikhawatirkan bisa memicu masalah kesehatan untuk si kecil.

Pemakaian yang berulang dan bergantian bisa memicu penyakit menular. Apalagi sebenarnya kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif dan daya tahannya tak sempurna tubuh orang dewasa. Keuntungan lainnya adalah membeli snediri lebih nyaman dan aman. Bak mandi yang sering digunakan misalnya, permukaannya pastinya jadi lebih licin.

Hal ini tentunya akan berbahaya untuk si kecil. Seperti itu juga untuk bantal guling, selimut, kasur dan lainnya yang dipakai bersama-sama. Barang tersebut cepat usang sehingga tak nyaman untuk dipakai. Lalu, dari segi waktu pemakaian. Anda bisa bebas menggunakan semua barang tersebut berapa lamapun.

Toh, Anda membelinya. Jadi, tak harus mengembalikannya sampai batas waktu yang telah ditentukan. Kalau menurut harga, membeli memang membutuhkan uang lebih banyak. Namun, sebenarnya bila Anda hitung-hitung, biayanya hanya beda tipis saja.

Jadi, setelah melihat perbandingan di atas, Anda mau bagaimana? Menyewa atau membeli perlengkapan bayi sendiri? Semua ada kelebihan dan kekurangannya. Paling jelas, Anda bisa menyesuaikan dengan isi kantong. Tapi, kalau memang berlebih, tak ada salahnya Anda membeli. Apalagi, sebenarnya barang tersebut juga bisa diwariskan ke anak selanjutnya, kan?