Sebelum Kena, Cegah Radang Tenggorokan dengan 6 Cara Ini

      Comments Off on Sebelum Kena, Cegah Radang Tenggorokan dengan 6 Cara Ini

Sebelum Kena, Cegah Radang Tenggorokan dengan 6 Cara IniPernahkah Anda merasakan perih yang begitu menyiksa pada batang tenggorokan Anda? Rasa perih tersebut disebabkan karena adanya pembengkakan pada tenggorokan dan kondisinya pun meradang. Radang tenggorokan ini sangat mudah menular dari satu orang ke orang lainnya. Agar Anda terhindar dari sakit radang tenggorokan ini, lakukan pencegahan lewat 6 cara berikut ini.

  1. Gunakan Masker Saat Berinteraksi dengan Penderitanya

Saat ada teman atau anggota keluarga yang menderita radang pada tenggorokan atau faringitis, sebaiknya Anda siap sedia dengan masker saat berinteraksi dengannya. Hal ini dikarenakan virus atau bakteri penyebab faringitis, sangat mudah menular dari satu orang ke orang lainnya. Apalagi jika kondisi tubuh Anda juga tak begitu sehat, membuat Anda lebih mudah untuk terkena radang.

  1. Hindari Berbicara dengan Nada yang Terlampau Keras

Selain disebabkan karena tertular virus dan bakteri penyebab radang, sakitnya tenggorokan Anda dapat disebabkan karena kebiasaan buruk Anda sendiri. Jika Anda terbiasa bicara dalam nada yang keras atau sering berteriak dalam waktu yang cukup panjang, maka otot-otot tenggorokan akan menegang. Ketika otot-otot menegang, maka cenderung akan muncul pembengkakan di tenggorokan.

  1. Kurangi Konsumsi Makanan Pedas dan Berminyak

Makanan berminyak dan memiliki cita rasa pedas merupakan salah satu pemicu munculnya radang di tenggorokan Anda. Nah, jika tak ingin tenggorokan terasa sakit dan perih sehingga membuat Anda tak nyaman, mulai sekarang kurangi konsumsi makanan jenis ini. Tentu saja akan lebih baik jika Anda benar-benar bisa menghentikan kebiasaan ini sepenuhnya.

  1. Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Setiap Harinya

Salah satu pemicu utama terjadinya radang tenggorokan adalah kondisi tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi. Saat cairan tubuh kurang, maka produksi saliva akan mengalami penurunan. Padahal saliva dibutuhkan oleh tenggorokan, untuk menjaga kondisinya tetap basah. Agar tenggorokan tak meradang, konsumsilah air putih dengan rutin minimal 8 gelas setiap harinya.

  1. Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Melakukan Aktivitas

Sering dianggap sepele, padahal kegiatan kebiasaan cuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas sangatlah bermanfaat. Anda harus tahu bahwa virus dan bakteri sangat mudah berpindah lewat tangan, termasuk dengan virus dan bakteri penyebab radang pada tenggorokan. Dengan memperhatikan kebersihannya, kemungkinan Anda menderita radang pada tenggorokan dapat berkurang.

  1. Istirahat yang Cukup

Badan yang lelah serta ditambah dengan stres akibat tekanan yang Anda dapatkan saat melakukan aktivitas sehari-hari, akan memicu lemahnya sistem imun. Berkurangnya kekebalan tubuh akan membuat Anda rentan mengalami radang pada tenggorokan. Usahakan untuk selalu menjaga kesehatan, dengan memberi tubuh istirahat yang cukup serta mengonsumsi vitamin.

Mencegah penyakit lebih baik daripada mengobatinya. Sebelum radang tenggorokan menjangkiti, lebih baik Anda melindungi tubuh sepenuhnya dari virus atau bakteri penyebabnya. Jaga selalu kondisi tubuh agar tetap fit, sehingga dapat menangkal virus dan bakteri yang menyerang. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan, dengan rajin mencuci tangan.